Kamis, 03 Januari 2008

Pendidikan sebagai suatu ilmu

Pendidikan adalah fenomena yang fundamental atau asasi dalam kehidupan manusia. kita dapat mengatakan, dimana ada kehidupan manusia maka disitu juga ada sebuah pendidikan. pendidikan sebagai gejala universal, merupakan suatu keharusan bagi manusia, karena selain sebagai gejala pendidikan juga sebagai wujud untuk memanusiakan manusia itu sendiri. dengan perkembangan kebudayaan manusia, timbullah tuntutan akan adanya pendidikan yang dapat terselenggara dengan baik, dan terselenggarakan dengan matang.
Ilmu pendidikan adalah sustu bangunan pengetahuan yang bersifat sistematis mengenai aspek-aspek kuantitatif dan objektif dalam proses belajar, dengan menggunakan instrumen secara seksama dalam mengajukan hipotesis-hipotesis pendidikan untuk diuji.
Ilmu pendidikan dalam bentuknya yang lebih sistematik termasuk ilmu yang sangat muda. ilmu pendidikan lahir dan berkembang jauh lebih belakang dan pada praktik upaya pendidikan. dapat dikatakan bahwa ilmu pendidikan masih membentuk dirinya atau dalam keadaan sedang berkembang.
Yang menjadi obyek material ilmu pendidikan adalah perilaku manusia. yang membedakan satu ilmu dengan ilmu yang lainnya adalah obyeknya.objek formal adalah objek material yang disoroti oleh suatu ilmu, atau sudut pandang tertentu yang menentukan macam ilmu. objek formal ilmu pendidikan adalah menelaah fenomena pendidikan dalam perspektif yang luas dan integratif. upaya pendidikan mencakup keseluruhan aktivitas pendidikan (mendidik dan dididik) dan pemikiran yang sistematik tentang pendidikan.
pendidikan sebagai ilmu (ilmu pendidikan) bersifat empiris, rokhaniah, normatif, historis, dan praktis.

Tidak ada komentar: